Tuesday, May 12, 2015

Jejak Sejarah Masjid Agung Samarra, Timur Tengah

Jejak Sejarah Masjid Agung Samarra. Jejak sejarah Islam dikota Samarra, sebuah masjid didirikan disana. Namanya adalah masjid agung samarra yang terletak dikota Irak sekitar 120 km dari utara kota Baghdad, tepatnya ditepian sungai Tigris. Masjid Samarra dibangun pada abad ke 9 yang di suruh oleh Khalifah Abbasiah Al-Mutawakkil, beliau pindah ke Samarra karena melarikan diri akibat ada konflik dengan penduduk lokal di Baghdad. Beliau tinggal di Samarra selama 56 tahun lamanya. Dalam kurun masa inilah beliau membangun banyak istana termasuk masjid terbesar di dunia Islam ini yaitu Masjid Samarra.

Masjid Agung Samarra ini dibangun di atas tanah seluas 17 hektar dengan kapasitas 38 000 meter persegi. Masjid ini tetap menjadi masjid terbesar selama 400 tahun kedepan, namun kemudian di hancurkan oleh tentara Mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan ketika invasi ke Irak tahun 1278. Kini yang tersisa sari masjid Samarra adalah Dinding bagian luarnya dan menara setinggi 52 meter.

Jejak Sejarah Masjid Agung Samarra


Masjid Agung Samarra, Timur Tengah
Photo Credit to

Bangunan Masjid Samarra dibangun dengan bentuk persegi panjang yang dikelilingi oleh tembok setinggi 10 meter dengan tebal 2,65 meter. Bangunan masjid agung ini di lengkapi dengan 44 menara setengah lingkaran termasuk 4 menara yang berada di sudutnya. Gerbang masjid ini sebanyak 16 gerbang, dan seseorang bisa masuk kedalam masjid dari pintu/gerbang mana yang di inginkan. Dalam masjid terdapat 17 lorong dengan dinding yang berpanel mosaik kaca biru gelap. Halamannya di kelilingi arcade dan bagian terbesarnya menghadap ke kota suci Makkah.

Masjid Agung Samarra, Timur Tengah
Menara masjid Samarra, Photo credit

Keindahan Masjid kuno Samarra ini juga di hiasi dengan sebuah menara besar yang berada di sebelah utara bagian depan masjid, tepatnya 27 meter dari bangunan masjid, menara ini disebut dengan Malwiya manara. Menara ini dibuat dengan bentuk kerucut dengan ketinggian 52 meter dan lebar bagian pondasinya 33 meter.

Kono menara Malwiya ini digunakan oleh khalifah Al-Mutawakkil untuk menikmati pemandangan disekitarnya, beliau sering naik ke atas menara dengan menggunakan Keldainya. Berikut beberapa Gambar dan Foto Masjid Samarra Baghdad Irak.

Masjid Agung Samarra, Timur Tengah

Masjid Agung Samarra, Timur Tengah

Sejarah Masjid Agung Samarra, Timur Tengah
Dinding bersejarah masjid samarra, photo credit

Masjid Agung Samarra, Timur Tengah

Lihat juga:
keindahan Minaret Kalta Minor Khiva,
Keindahan desa MUd Brick Hadramaut Yaman

Powered by Blogger.