Saturday, May 9, 2015

Keindahan Desa Mud Brick di Wadi Hadramaut dan Wadi Dawan Yaman

Keindahan Desa Mud Brick di Wadi Hadramaut. Yaman adalah sebuah negara gurun yang terletak disemenanjung selatan Arab. Negara Yaman berbatasan dengan laut merah dan Bab-el-Mandeb Selat di barat. Sementara bagian uatara berbatasan dengan Arab Saudi dan sebelah timur berbatasan dengan Oman. Negara Yaman sebahagian besar terdiri dari pegunungan yang tinggi dan bergerigi.

Negara Yaman tidak mempunyai sungai permanen, hanya saja negara ini mempunyai sungai atau lembah musiman yang disebut dengan wadi, tempat ini tetap dingin ketika musim dingin. Di antara wadi yang paling menonjol adalah Wadi Hadhramaut dan Wadi Dawan disebelah tengah dan timur yaman.


Wadi Hadramaut adalah lembah yang sempit, dataran pantai gersang yang dibatasi oleh lereng curam seluas 4.490 kaki. Bagian atas dari Wadi Hadramaut mengandung tanah aluvial dan air bah, sementara bagian bawah adalah tandus dan sebagian besar tidak berpenghuni.



Keindahan Desa Mud Brick Wadi Hadramaut dan Dawan


Orang Hadramaut tinggal dikota kota yang padat penduduk dan di desa desa yang berpusat di daerah perairan tradisional di sepanjang Wadi. Banyak bangunan ddi daerah Wadi Hadramaut ini dibangun di lereng lereng bukit dataran tinggi dengan ketinggian 100 hingga 200 meter. Bahkan banyak rumah dan bangunan yang menggantung di atas batu. Rumah rumahnya dibangun dengan lumpur batu bata dengan lantai dari kayu dan dengan ketinggian beberapa tingkat. Struktur bangunan seperti ini harus terus menerus diperbaiki terutama setelah musim hujan atau pada waktu tiba musim panas, karena banyak lapisan bata yang dikikis oleh hujan sehingga membuat bangunan ini semakin rapuh.

Kota yang paling terkenal di Wadi Hadramaut adalah Shibam, yang disebut dengan "Manhattan of the Desert" karena banyak bangunan tinggi yang terdapat di Wadi Hadramaut. Ini adalah kota dengan 7000 penduduk dan tinggal di 500 buah rumah yang terbuat dari lumpur. Rumah lumpur ini dibuat dengan ketinggian 5 lantai bahkan 11 lantai. Semuanya dibangun dengan batu bata. Ini sungguh sebuah peradaban yang menakjubkan hingga kini.

Kota Shibam, wadi hadramaut, credit photo





Rumah di desa Sif wadi dawan, credit photo
Reruntuhan bangunan di wadi dawan, credit photo

Kota sif wadi dawan, credit photo

Powered by Blogger.